Minggu, 09 Januari 2022

KESEBANGUNAN DUA SEGITIGA

Senin - Kamis, 10 - 12 Januari 2022


Guru            : Fara Dibah, S.Pd


Mapel          : Matematika


Kelas           : IX E, F, G


 


Kode KD     : 


3.6 Menjelaskan Kesebangunan dan Kekongruenan


4.6 Menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan Kesebangunan dan Kekongruenan


Materi          : Kesebangunan Dua Segitiga


Tujuan          : 


1. Peserta didik dapat menyimpulkan tentang Kesebangunan Dua Segitiga


2. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan Kesebangunan Dua Segitiga


Assalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..

Selamat pagi Semua !

Bagaimana Kabar Soleh/Soleha hari ini  ?…

Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ..

Selamat datang di pembelajaran semester genap, kalian harus tetap semangat ya nak ..

Baiklah Soleh/Soleha, Pertemuan hari ini kita masih membahas tentang Kesebangunan. Silahkan di simak materi ibu berikut ini : 

KESEBANGUNAN DUA SEGITIGA



Secara umum dua buah bangun datar dikatakan sebangun (similar) jika sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Khusus untu segitiga sebagai bangun datar poligon dengan jumlah sisi paling sedikit, asal dua buah segitiga sudut-sudutnya sama besar maka sudah sebangun.

Kita perhatikan dua buah segitiga sebangun berikut :


 sebangun dengan  karena :
,
,
.

Lebih lanjut karena :
 menghadap sisi BC dan  menghadap sisi QR,

 menghadap sisi AC dan  menghadap sisi PR,

 menghadap sisi AB dan  menghadap sisi PQ.

Maka

Contoh 1 : Diketahui dua segitiga ΔKLM dan ΔTUV berikut sebangun,

Tentukan panjang sisi TV !

Jawab :

Dua segitiga tersebut diketahui sebangun maka dari gambar dapat kita lihat dan simpulkan bahwa tentunya sudut

 dan .
Begitu juga

Yang dihadapi  adalah sisi LM = 10 cm dan yang dihadapi  adalah UV= 8 cm,
Yang dihadapi  adalah KM = 7 cm dan yang dihadapi  adalah TV yang akan kita cari.
Peritungannya adalah :
.

Jadi TV=5,6 cm .


B. Segitiga dalam Segitiga

Saya tidak tahu harus memberi nama bagaimana jadi kutulis saja “segitiga dalam segitiga“, tapi yang kami maksud adalah :

Pertama :

Diketahui segitiga ΔABC dan di dalamnya ada segitiga ΔDEC dimana AB//DE (sejajar), maka ΔABC sebangun dengan ΔDEC seperti nampak pada gambar berikut :

Berdasarkan pada bagian Permulaan, kita peroleh :

atau

Atau sering digunakan gambar bantu seperti berikut untuk mengingat :

yang harus diingat adalah darimana menarik garis lengkung panah tersebut, yaitu harus dari titik sudut yang menghadap dua garis sisi sejajar.

Kedua

Diketahui segitiga ABC siku-siku di B, dan BD merupakan garis tinggi (sehingga BD tegak lurus dengan AC)

Setelah kalian menyimak materi di atas silahkan kalian kerjakan Tugas Rumah Halaman 166 (Buku Hijau) No 4 dan 5.

silahkan di kumpul paling lambat hari Kamis 13 Januari 2022, dan akan dinilai serta di bahas saat pertemuan tatap muka.

terimakasih dan tetap semangat ..

Wassalamualaikum Wr. Wb

31 komentar:

  1. assalamualaikum mam, terimakasih atas materi dan tugasnya
    bintang mutiara 9f

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu terimakasih atas materinya
    Reynaldo RM 9F

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum terimakasih bu
    Ferlina 9f

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu terimakasih atas materinya
    Marshanda zafira 9f

    BalasHapus
  5. assalamualaikum mam, terimakasih atas materi dan tugasnya
    Abizar Yusuf A 9f

    BalasHapus
  6. assalamualaikum mam, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -M.Raffi Athala Amin 9G🙏

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum mam, terimakasih atas tugasnya dan materinya

    Cahaya Ibramsyah 9G

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum mam,terimakasih atas tugas dan materinya
    -atika ghaisani 9G

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum mam,terimakasih atas tugas dan materinya
    M dirly afrijal 9G

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum trimakasih Matri dan tugas nya Zainuri 9G

    BalasHapus
  11. assalamualaikum bu, terimakasih
    - Desty Auliya Utami 9G

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Bu, terima kasih materi dan tugasnya
    — Maura Lodya Amela 9G

    BalasHapus
  13. assalamualaikum mam terimakasih materinya dan tugasnya
    mirabel putri winanti 9G

    BalasHapus
  14. assalamualaikum terimakasih bu atas materi dan tugas nya -cut ajirna Afifah Azahra 9e

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum wr wb baik mam
    Bisma putra jaya 9G

    BalasHapus
  16. assalamualaikum mam, terimakasih atas materi dan tugas nya
    Annika 9E

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
    Sultan Zacky A.H 9G

    BalasHapus
  18. assalamualaikum bu terimakasih
    firyal 9G

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum bu terimakasih
    chelsea salhabila 9e

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum terimakasih atas tugasnya raffy dwi rahman kls 9G

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. assalamualaikum mam
    Fadhila Nur Al Akwa 9E

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum terimakasih bu
    Alfi 9E

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum terimakasih bu
    • Vallerie kishi 9E

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum bu terimakasih
    -Yoga Ardiansyah 9E

    BalasHapus
  26. terimakasih Bu
    Wijayanti 9e

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum terimakasih bu
    • M Davie M 9E

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum mam, trimakasi tugasnya
    M.jhody 9G

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum mem.
    Arin Arifah 9E

    BalasHapus

PERSAMAAN KUADRAT (CARA MELENGKAPI KUADRAT SEMPURNA)

  IDENTITAS Mata Pelajaran           : Matematika Kelas                           : IX C dan IX D Pertemuan                  : Ke 2 ...