MATEMATIKA
MENENTUKAN AKAR PERSAMAAN KUADRAT
PERTEMUAN KE 2
IDENTITAS
Hari, tanggal : Senin, 28 Agustus 2023
Kelas : IX A dan IX B
Guru Mapel : Fara Dibah, S.Pd
Kode KD :
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Materi : Menentukan Akar Persamaan Kuadrat
Tujuan :
1. Peserta didik dapat menentukan akar-akar persamaan kuadrat
2. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
adalah persamaan yang variabelnya memiliki pangkat tertinggi sama dengan dua (2). Adapun bentuk umum persamaan kuadrat adalah sebagai berikut.
ax2 + bx + c = 0
Keterangan:
a, b = koefisien (a ≠ 0);
x = variabel; dan
c = konstanta.
Menentukan Akar Persamaan Kuadrat
Akar persamaan kuadrat merupakan salah satu faktor penting yang harus bisa kamu tentukan dalam penyelesaian persamaan kuadrat. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari akar pada persamaan kuadrat, yaitu sebagai berikut.
1. Faktorisasi
Faktorisasi adalah penjumlahan suku aljabar menjadi bentuk perkalian faktornya. Jika kamu melakukan faktorisasi persamaan kuadrat, artinya kamu membuat perkalian dua buah persamaan linear.
ax2 + bx + c = 0
b = hasil penjumlahan antara suku ke-1 dan ke-2
c = hasil perkalian antara suku ke-1 dan ke-2
Perhatikan contoh berikut.
- Bentuk persamaan kuadrat: x2 + 5x + 6 = 0
Bentuk faktorisasi: (x + 3) (x + 2) = 0
Akar: x = -3 atau x = -2
- Bentuk persamaan kuadrat: x2 – 9 = 0
Bentuk faktorisasi: (x – 3)(x + 3) = 0
Akar: x = 3 atau x = -3
2. Melengkapkan Kuadrat Sempurna
Bentuk ax2 + bx + c = 0 bisa kamu jabarkan menjadi seperti berikut.
(x + p)2 = q
Perhatikan contoh berikut.
Bentuk persamaan kuadrat: x2 + 5x + 6 = 0
x2 + 8x + 6 = 0
(x2 + 8x) = -6
x2 + 8x +16 = -6 +16
(x + 4)2 = 10
(x + 4) = ± √10
x = √10 – 4 atau x = -√10 – 4
3. Menggunakan Rumus abc
Adapun persamaan rumus abc adalah sebagai berikut.
Perhatikan contoh berikut.
Tentukan akar persamaan x2 – 4x – 5 = 0!
Diketahui: a = 1, b = -4, dan c = -5
Substitusikan nilai a, b, dan c ke persamaan abc.
Jadi, akar persamaan x2 – 4x – 5 = 0 adalah x = 5 atau x = -1.
Evaluasi pembelajaran hari ini melalui pengerjaan soal-soal dengan teknik game "Memancing Gurita", perhatikan soal-soal evaluasi berikut ini :
SOAL EVALUASI MENENTUKAN AKAR PERSAMAAN KUADRAT
Assalamualaikum
BalasHapusKhairunnisa m sasikirana
9b
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusKeysha Ozora Aditya Putri
9A
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusAndhika Putra Pratama
9A
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusAmira Nur Azizah
9A
Hadir
Assalamualaikum
BalasHapusAura Sanjaya m
9b
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusRaihan Zailani Putra
9A
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusKeysha Ozora Aditya Putri
9A
Hadir
Assalamu'alaikum
BalasHapusAndhika Putra Pratama
9A
Hadir