Selasa, 20 Agustus 2024

MERASIONALKAN BILANGAN BENTUK AKAR

 

IDENTITAS

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas                           : IX C dan IX D

Pertemuan                  : Ke 8

Materi                         : Operasi Bilangan Bentuk Akar

Guru Pengampu        : Fara Dibah, S.Pd

Waktu Pembelajaran: Rabu, 21 Agustus 2024

Kompetensi Dasar      :

3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.


TUJUAN PEMBELAJARAN : 

Setelah mengikuti pembelajaran, Peserta didik dapat merasionalkan Bilangan Bentuk Akar.



Assalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..
Selamat pagi Semua !
Bagaimana Kabar Soleh/Soleha hari ini ?
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ..

Soleh/soleha apakah tadi subuh kalian sudah melaksanakan solat subuh tepat waktu ? untuk yang laki-laki solat subuh nya di masjid atau di musholla ya nak, agar kita mendapat keberkahan dari Allah SWT ..
Dan untuk yang perempuan silahkan solat subuh nya secara munfarid dirumah masing-masing..

Dan jangan lupa sebelum memulai pelajaran di pagi hari, usahakan kalian solat dhuha dan murojaah terlebih dahulu, agar ilmu yang diberikan oleh guru dapat kalian terima dengan baik..
 
Pada materi sebelumnya, kita sudah mempelajari operasi Bilangan Bentuk Akar, yaitu :

1. Penjumlahan

Penjumlahan hanya bisa dilakukan jika angka yang berada di dalam tanda akar nilainya sama. Bentuk penjumlahannya adalah sebagai berikut.

p+ q= (p+q)x

Penjumlahan tidak bisa dilakukan pada:

  • Bentuk akar dan bilangan bulat biasa, misalnya, + 2 ; dan
  • Antarbentuk akar yang tidak sama bilangan pokoknya, misalnya3.

2. Pengurangan

Konsep pengurangan sama seperti penjumlahan, yaitu hanya bisa dilakukan pada dua bentuk akar atau lebih yang bilangan pokoknya sama. Bentuk pengurangannya adalah sebagai berikut.

p– q= (p-q)x

3. Perkalian

Konsep perkalian bentuk ini berbeda dengan penjumlahan dan pengurangan. Hal itu karena perkalian bisa dilakukan antara bentuk akar dan bilangan nonakar, baik pecahan maupun bilangan bulat. Bentuk perkaliannya adalah sebagai berikut.

  • p× q = (p×q)x
  • p× q= (p×q)xy

3. Pembagian

Konsep pembagian, hampir sama dengan perkalian. Namun, pembagian bisa menghasilkan pecahan yang penyebutnya memuat bentuk akar. Jika berbentuk demikian, maka pecahan harus dirasionalkan penyebutnya. Adapun bentuk pembagiannya adalah sebagai berikut.

 
Baiklah soleh/soleha, hari ini kita akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu Merasionalkan Bilangan Bentuk Akar
Untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak materi berikut ini ..
                    https://www.youtube.com/watch?v=7GGnGc5-maA
 
Evaluasi :
Agar kalian lebih memahami tentang Merasionalkan Bilangan Bentuk Akar, silahkan kalian kerjakan LKPD berikut secara berkelompok!
LKPD MERASIONALKAN BENTUK AKAR

 

Kesimpulan:

Demikianlah penjelasan mengenai Merasionalkan bilangan bentuk akar . Intinya , dalam merasionalkan bilangan bentuk akar kalian lihat terlebih dahulu penyebutnya dan dikalikan dengan sekawan penyebut tersebut seperti contoh :


Dan supaya dalam mengerjakan soal merasionalkan bilangan bentuk akar menjadi lebih mudah , maka kalian  harus memahami betul mengenai konsep dalam menyederhanakan dan merasionalkan bilangan bentuk akar. Jika kalian sudah memahaminya , maka di buat dalam bentuk apa pun akan terasa mudah . 

Semoga dengan penjelasan dan contoh di atas , kalian akan bertambah ilmunya dan dapat memahami nya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah ini..


Wassalamualaikum Warrohmatullahi Wabarrohkatuh..

 

Referensi :

https://www.ruangguru.com/blog/bilangan-bentuk-akar-sifat-sifat-dan-cara-merasionalkannya#:~:text=Ketahui%20Sifat-Sifat%20Bentuk%20Akar%20%26%20Cara%20Merasionalkannya%20%7C,Akar%20...%205%20Latihan%20Soal%20Bentuk%20Akar%20 

 https://www.quipper.com/id/blog/mapel/matematika/bentuk-akar/

https://www.fastest-math.com/2020/08/materi-perpangkatan-dan-bentuk-akar.html

https://www.youtube.com/watch?v=7GGnGc5-maA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSAMAAN KUADRAT (CARA MELENGKAPI KUADRAT SEMPURNA)

  IDENTITAS Mata Pelajaran           : Matematika Kelas                           : IX C dan IX D Pertemuan                  : Ke 2 ...