IDENTITAS
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX C dan IX D
Pertemuan : Ke7
Materi : Bilangan Bentuk Akar
Guru Pengampu : Fara Dibah, S.Pd
Waktu Pembelajaran: Rabu, 20 Agustus 2025
Media Pembelajaran : LCD Proyektor dan Laptop
Alur Tujuan Pembelajaran
1. Peserta Didik mampu menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
2. Peserta Didik mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Materi : Merasionalkan Bilangan Bentuk Akar
Tujuan Pelajaran : Peserta didik dapat merasionalkan Bilangan Bentuk Akar
1. Penjumlahan
Penjumlahan hanya bisa dilakukan jika angka yang berada di dalam tanda akar nilainya sama. Bentuk penjumlahannya adalah sebagai berikut.
p√x + q√x = (p+q)√x
Penjumlahan tidak bisa dilakukan pada:
- Bentuk akar dan bilangan bulat biasa, misalnya, √2 + 2 ; dan
- Antarbentuk akar yang tidak sama bilangan pokoknya, misalnya√2 + √3.
2. Pengurangan
Konsep pengurangan sama seperti penjumlahan, yaitu hanya bisa dilakukan pada dua bentuk akar atau lebih yang bilangan pokoknya sama. Bentuk pengurangannya adalah sebagai berikut.
p√x – q√x = (p-q)√x
3. Perkalian
Konsep perkalian bentuk ini berbeda dengan penjumlahan dan pengurangan. Hal itu karena perkalian bisa dilakukan antara bentuk akar dan bilangan nonakar, baik pecahan maupun bilangan bulat. Bentuk perkaliannya adalah sebagai berikut.
- p√x × q = (p×q)√x
- p√x × q√y = (p×q)√xy
3. Pembagian
Konsep pembagian, hampir sama dengan perkalian. Namun, pembagian bisa menghasilkan pecahan yang penyebutnya memuat bentuk akar. Jika berbentuk demikian, maka pecahan harus dirasionalkan penyebutnya. Adapun bentuk pembagiannya adalah sebagai berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=7GGnGc5-maA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar