IDENTITAS
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX C dan IX D
Pertemuan : Ke 2
Materi : Persamaan Kuadrat
Guru Pengampu : Fara Dibah, S.Pd
Waktu Pembelajaran: Senin, 1 September 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah
mengikuti pembelajaran, Peserta didik mampu mengenal dan memahami
penyelesaian persamaan kuadrat dengan mencari akar-akar Persamaan
Kuadrat menggunakan cara pemfaktoran.
1. Penjumlahan
Penjumlahan hanya bisa dilakukan jika angka yang berada di dalam tanda akar nilainya sama. Bentuk penjumlahannya adalah sebagai berikut.
p√x + q√x = (p+q)√x
Penjumlahan tidak bisa dilakukan pada:
- Bentuk akar dan bilangan bulat biasa, misalnya, √2 + 2 ; dan
- Antarbentuk akar yang tidak sama bilangan pokoknya, misalnya√2 + √3.
2. Pengurangan
Konsep pengurangan sama seperti penjumlahan, yaitu hanya bisa dilakukan pada dua bentuk akar atau lebih yang bilangan pokoknya sama. Bentuk pengurangannya adalah sebagai berikut.
p√x – q√x = (p-q)√x
3. Perkalian
Konsep perkalian bentuk ini berbeda dengan penjumlahan dan pengurangan. Hal itu karena perkalian bisa dilakukan antara bentuk akar dan bilangan nonakar, baik pecahan maupun bilangan bulat. Bentuk perkaliannya adalah sebagai berikut.
- p√x × q = (p×q)√x
- p√x × q√y = (p×q)√xy
3. Pembagian
Konsep pembagian, hampir sama dengan perkalian. Namun, pembagian bisa menghasilkan pecahan yang penyebutnya memuat bentuk akar. Jika berbentuk demikian, maka pecahan harus dirasionalkan penyebutnya. Adapun bentuk pembagiannya adalah sebagai berikut.

Apa Itu Persamaan Kuadrat?
Persamaan kuadrat adalah persamaan polinomial (suku banyak) variabel 1 yang memiliki pangkat tertinggi dua. Ingat, ya, pangkat tertingginya dua! Jadi, kalau kamu nyariin pangkat tiga di persamaan kuadrat, ya kagak bakalan ketemu, yak.
Nah, bentuk umum persamaan kuadrat bisa dituliskan seperti berikut:
ax2 + bx + c = 0
Dengan a, b, c ∈ R dan a ≠ 0
Keterangan:
x = variabel
a = koefisien dari x2
b = koefisien dari x
c = konstanta
Dalam mempelajari persamaan kuadrat, tentunya kamu nggak akan terlepas dari yang namanya menyelesaikan persamaan kuadrat. Hmm, menyelesaikan tuh, maksudnya gimana sih? Emangnya persamaan kuadrat punya masalah, kok harus diselesaiin segala?
Tentu punya, dong! Masalah yang dimiliki persamaan kuadrat terletak pada nilai x-nya.
Jadi, seperti yang udah kita tau dari bentuk umumnya, persamaan kuadrat itu punya variabel x yang nggak diketahui nilainya berapa. Nah, nilai x inilah yang mau kita cari! Cara mencari nilai x adalah dengan menyelesaikan persamaan kuadrat tersebut.
Terus, cara menyelesaikan persamaan kuadrat kaya gimana, kak?
Cara Menyelesaikan Persamaan Kuadrat
Ada tiga cara untuk menyelesaikan persamaan kuadrat, yaitu dengan menggunakan faktorisasi, kuadrat sempurna, dan rumus kuadratik atau biasa disebut juga sebagai rumus ABC. Kita bahas satu per satu, ya!
1. Faktorisasi
Faktorisasi atau pemfaktoran merupakan cara mencari penyelesaian dari persamaan kuadrat, dengan cara mencari nilai yang jika dikalikan, maka akan menghasilkan nilai lain.
Ada tiga bentuk persamaan kuadrat dengan faktorisasi yang berbeda, yakni seperti berikut:
No. | Persamaan Kuadrat | Faktorisasi |
1 | x2 + 2xy + y2 = 0 | (x + y)2 = 0 |
2 | x2 − 2xy + y2 = 0 | (x − y)2 = 0 |
3 | x2 − y2 = 0 | (x + y)(x − y) = 0 |
Dengan x = variabel dan y = konstanta
Next, coba kita kerjakan contoh soal di bawah ini, ya!
Contoh Soal Faktorisasi
Selesaikan persamaan kuadrat berikut dengan cara faktorisasi 5x2 + 13x + 6 = 0!
Jawab:
5x2 + 13x + 6 = 0
5x2 + 10x + 3x + 6 = 0
5x(x + 2) + 3(x + 2) = 0
(5x + 3)(x + 2) = 0
5x = −3
x = atau x = −2
Jadi, penyelesaiannya adalah x = atau x = −2.
Dan agar kalian lebih memahami lagi tentang mencari akar-akar persamaan kuadrat, maka silahkan kalian simak video berikut :
Jawaban:
x2 + 2x – 3 = 0
(x-1) (x+3) = 0
x-1 = 0 atau x+3 = 0
x=1 atau x = -3
assalamualaikum mam widya ramadhani 9c hadir
BalasHapusGood job, semangat soleha
Hapusassalamualaikum mam syalfa nesha aulia kelas 9c hadir
BalasHapusGood job, semangat soleha
Hapusassalamualaikum mam fara, saya arsha hartono putri hadir. Sudah mencatat materi dan menyelesaikan soal evaluasi
BalasHapusoiya saya kelas 9c bu
Hapusok, good job
Hapusok, good job soleha
Hapusassalamualaikum mam, rafa maritza 9c hadirr
BalasHapusgood job soleha, semangat
Hapusassalamualaikum mam shaza zahira 9c hadirrrr
BalasHapusgood job soleha, semangat
Hapusassalamualaikum mam fara, aileen yosara dari kelas 9c hadirr
BalasHapusok, good job soleha
HapusAssalamu'alaikum mam, naurah aliya karimah kelas 9c hadir
BalasHapusassalamualaikum mam, nadin safa nabila 9c hadir
Hapusgood job soleha, semangat
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgoob job soleha, semangat
Hapusassalamualaikum keisha sharfina 9c hadirr mam
BalasHapusgoob job soleha, semangat
HapusAssalamualaikum mam, Gibran syahdan makbul 9C hadir
BalasHapusgoob job soleha, semangat
Hapusassalamu'alaikum nadindra al dhani 9c hadir mam
BalasHapusgoob job soleha, semangat
Hapusassalamualaikum mam, rafaela faiza sastriawan 9c hadir
BalasHapusgoob job soleha, semangat
Hapusgood job soleha
BalasHapus