Guru : Fara Dibah, S.Pd
Mapel : Matematika
Kelas : IX D, E, F
Senin - Rabu, 09 - 11 Januari 2023
Kode KD :
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Materi : Segitiga-segitiga Sebangun
Tujuan :
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan Kesebangunan dua bangun datar
2. Mengidentifikasi benda di sekitar yang berkaitan dengan kesebangunan bangun datar
3. Mencermati
ukuran sisi dan sudut pada bangun datar yang sebangun
4. Mengidentifikasi perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun
5. Menganalisis hubungan antara luas bangun dengan panjang sisi antara bangun yang sebangun
(i) Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian senilai.
(ii) Besar sudut-sudut yang bersesuaian sama
Jika ∆ABC dan ∆A'B'C' tidak memenuhi syarat, tersebut maka ∆ABC dan ∆A'B'C' tidak sebangun, dinotasikan dengan ∆ABC ≁ ∆A'B'C'.
Syarat Dua Segitiga Sebangun
Untuk lebih sederhana, berdasarkan Kegiatan 2, dua segitiga dikatakan sebangun (misal: ∆ABC ∼ ∆A'B'C'), jika memenuhi salah satu kondisi berikut ini.
1. Perbandingannya ketiga pasangan sisi yang bersesuaian sama, yaitu:
Contoh: m∠A = m∠A' dan m∠B = m∠B'
Coba agar lebih memahami lagi, silahkan kalian lakukan Latihan 4.2 Halaman 108 pada buku Besar dan silahkan kalian diskusikan dengan teman-temanmu..
Thank you for today..
Semangat selalu para pejuang pencari Ilmu dan Ridho nya Allah untuk anak-anak Soleh/Soleha ibu ..
See you next time, and bye bye ...............
Wassalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar