Selasa, 06 Februari 2024

PENERAPAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN

 

MATEMATIKA

PENERAPAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DALAM

KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PERTEMUAN KE 4

IDENTITAS

Hari, tanggal : Senin, 5 Februari 2024

                        Rabu, 7 Februari 2024 (Postest)

Kelas             : IX A dan IX B

Guru Mapel   : Fara Dibah, S.Pd

 

Kode KD     :

3.6 Menjelaskan Kesebangunan dan Kekongruenan

4.6 Menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan Kesebangunan dan Kekongruenan

 

Materi          : Penerapan Kesebangunan dan Kekongruenan


Tujuan          :

1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan Kesebangunan Dan Kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari



Materi Pembelajaran :
Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah mempelajari Konsep Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar.  Kesebangunan bangun datar di mana sudut – sudutnya mempunyai kesesuaian yang sama besarnya. Dan juga panjang sisi – sisi sudutnya juga bersesuai dengan mempunyai sebuah perbandingan yang sama. sedangkan Kekongruenan merupakan dua buah bangun datar yang di mana kedua bangunnya sama – sama memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama.

Dan pada hari ini kita akan membahas tentang Penerapan Kesebangunan , silahkan kalian simak materi berikut ini:


 
Demikian penjelasan mengenai Penerapan Kesebangunan dan Kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari, Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pembelajaran kita hari ini adalah dua buah bangun datar dikatakan sebangun (similar) jika sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama. Khusus untu segitiga sebagai bangun datar poligon dengan jumlah sisi paling sedikit, asal dua buah segitiga sudut-sudutnya sama besar maka sudah sebangun.


Semoga dengan penjelasan dan contoh di atas , kalian akan bertambah ilmunya dan dapat memahami nya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom kometar di bawah ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSAMAAN KUADRAT (CARA MELENGKAPI KUADRAT SEMPURNA)

  IDENTITAS Mata Pelajaran           : Matematika Kelas                           : IX C dan IX D Pertemuan                  : Ke 2 ...