Minggu, 17 Maret 2024

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (TABUNG, KERUCUT & BOLA)

 

MATEMATIKA

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (TABUNG, KERUCUT & BOLA)

PERTEMUAN KE 4

IDENTITAS

Hari, tanggal : Senin, 18 Maret 2024

Kelas             : IX A dan IX B

Guru Mapel   : Fara Dibah, S.Pd

 

Kode KD     :

3.7       Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)

 4.7     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung

 

Materi          : Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (Tabung, Kerucut dan Bola)


Tujuan          :

Setelah mengikuti pembelajaran, Peserta didik diharapkan dapat :
1.  Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata

2.  Mengidentifikasi bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola

3.  Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung tabung

4.  Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung kerucut


Materi Pembelajaran :
Pada materi sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang Konsep Bangun Ruang Sisi Lengkung, dan hari ini kita akan mengidentifikasi tentang jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Lengkung, Luas Permukaan dan Volume .

silahkan kalian simak materi berikut ini:


Pengertian bangun ruang sisi lengkung

Bangun ruang sisi lengkung adalah suatu kelompok bangun ruang yang memiliki sisi melengkung, memiliki selimut atau memiliki permukaan bidang. Seperti yang telah saya beri tahu diatas tadi, bahwa kelompok bangun ruang yang memiliki sisi lengkung adalah meiputi bola, kerucut dan tabung.

 

Selanjutnya akan dibahas mengenai luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (Tabung & kerucut), silahkan simak video di bawah ini :

 

Untuk tugas pertemuan pertama ini silahkan kalian kerjakan latihan di buku Cetak besar Latihan 5.1

 

Demikian penjelasan mengenai Bangun Ruang Sisi Lengkung, Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pembelajaran kita hari ini yaitu Bangun ruang sisi lengkung adalah suatu kelompok bangun ruang yang memiliki sisi melengkung, memiliki selimut atau memiliki permukaan bidang.


Semoga dengan penjelasan dan contoh di atas , kalian akan bertambah ilmunya dan dapat memahami nya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom kometar di bawah ini..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSAMAAN KUADRAT (CARA MELENGKAPI KUADRAT SEMPURNA)

  IDENTITAS Mata Pelajaran           : Matematika Kelas                           : IX C dan IX D Pertemuan                  : Ke 2 ...