IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
:
IX C dan IX D
Pertemuan
: Ke 5
Materi : Hasil Kali dan Jumlah Persamaan Kuadrat
Guru Pengampu : Fara
Dibah, S.Pd
Waktu Pembelajaran: Rabu, 17 September 2025
Alat Peraga : Buku Bergambar, Pensil, Penggaris
Metode : Diskusi dan Tanya Jawab
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah
mengikuti pembelajaran, Peserta didik mampu menentukan hasil kali dan jumlah persamaan kuadrat.
Assalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..
Selamat pagi Semua !
Bagaimana Kabar Soleh/Soleha hari ini ?…
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ..
Soleh/soleha
apakah tadi subuh kalian sudah melaksanakan solat subuh tepat waktu ?
untuk yang laki-laki solat subuh nya di masjid atau di musholla ya nak,
agar kita mendapat keberkahan dari Allah SWT ..
Dan untuk yang perempuan silahkan solat subuh nya secara munfarid dirumah masing-masing..
Dan
jangan lupa sebelum memulai pelajaran di pagi hari, usahakan kalian
solat dhuha dan murojaah terlebih dahulu, agar ilmu yang diberikan oleh
guru dapat kalian terima dengan baik..
Pada
pertemuan sebelumnya, kita sudah mempelajari cara menentukan
jenis-jenis akar persamaan kuadrat jika dilihat dari nilai diskriminan
nya dengan rumus : 2
Dan untuk pertemuan hari ini, kita akan membahas materi tentang Hasil Kali dan Jumlah Akar-Akar Persamaan Kuadrat dan lebih jelas nya dalam memahami materi hari ini silahkan kalian baca dan pahami pembahasan materi berikut :
Hasil Kali dan Jumlah Akar-Akar Persamaan Kuadrat
Rumus
Jumlah dan Hasil Kali Persamaan Kuadrat – Sebuah persamaan yang
memiliki variabel dengan pangkat tertingginya sama dengan 2 (dua) sering
disebut dengan persamaan kuadrat. Nilai-nilai yang dapat memenuhi
persamaan kuadrat disebut sebagai akar – akar persamaan kuadrat.
Banyaknya
akar-akar persamaan kuadrat ada 2 (dua) atau 1 (satu), tergantung jenis
persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat yang memiliki banyak akar-akar
persamaan sama dengan 2 (dua) akan menyinggung sumbu x di dua titik.
Untuk persamaan kuadrat yang hanya memiliki satu akar persamaan kuadrat,
grafik persamaan kuadrat akan menyinggung sumbu x (memotong sumbu x
pada satu titik).

Cara
yang dapat digunakan untuk menentukan akar persamaan kuadrat meliputi
metode pemfaktoran bentuk aljabar, melengkapkan kuadrat sempurna, atau
rumus abc.
Pembahasan dalam persamaan kuadrat, sering mengulas
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Rumus ini, nantinya
dapat digunakan untuk menentukan persamaan kuadrat baru dengan nilai
akar-akar yang mengalami perubahan nilai.
Rumus jumlah dan hasil kali akar – akar persamaan kuadrat dapat dicari dengan memanfaatkan rumus abc.
Cara
menentukan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat akan
diulas melalui halaman ini. Untuk pembahasan pertama, akan diulas rumus
jumlah akar-akar persamaan kuadrat. Simak pembahasannya pada ulasan
materi di bawah.
Rumus Jumlah Akar-akar Persamaan Kuadrat
Bentuk umum persamaan kuadrat biasanya dinyatakan melalui persamaan ax2 + bx + c = 0.
Persamaan tersebut memiliki dua akar-akar yang memenuhi persamaan.
Melalui bentuk umum persamaan kuadrat, dapat diperoleh nilai akar-akar
dalam bentuk umum. Berikut ini adalah nilai x1 dan x2 yang memenuhi bentuk umum persamaan kuadrat.
Sehingga, rumus jumlah akar-akar persamaan kuadrat adalah sebagai berikut.
Rumus Hasil Kali Akar-akar Persamaan Kuadrat
Cara
untuk menentukan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat hampir sama
dengan cara mencari jumlah akar-akarnya. Penurunan rumusnya menggunakan
bentuk umum dari nilai
dan
dari bentuk umum persamaan kuadrat. Berikut ini adalah langkah-langkah penurunan rumus hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

Demikianlah
ulasan materi tentang rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
kuadrat. Berikut ini adalah rumus jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat.
Evaluasi :
Agar
kalian lebih memahami tentang Persamaan Kuadrat dalam mencari akar-akar persamaan kuadrat,
silahkan kalian kerjakan LKPD berikut secara berkelompok!
Demikian penjelasan mengenai Hasil kali dan Jumlah Persamaan Kuadrat, Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pembelajaran kita hari ini adalah
Hubungan akar-akar persamaan kuadrat dengan diskriminan adalah sebagai berikut:
- Jika D≥0 berarti persamaan kuadrat mempunyai dua akar real, dengan rincian:
- D>0 : akar-akarnya nyata dan berlainan
- D=0 : akar-akarnya sama/kembar
- Jika D>0 berarti persamaan kuadrat mempunyai dua akar tidak real atau imajiner
Semoga
dengan penjelasan dan contoh di atas , kalian akan bertambah ilmunya
dan dapat memahami nya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi
kolom kometar di bawah ini..
Wassalamualaikum Warrohmatullahi Wabarrohkatuh..
Referensi :
https://kumparan.com/berita-terkini/kumpulan-contoh-soal-persamaan-kuadrat-kelas-9-beserta-cara-penyelesaiannya-219az5SyLx3/full
https://www.bing.com/videos/riverview/relatedvideo?
https://idoc.pub/download/lkpd-persamaan-kuadrat-kelas-ix-smp-mts-6ng22jmdr6lv
Tidak ada komentar:
Posting Komentar