Kamis, 07 Oktober 2021

FUNGSI KUADRAT

 Senin - Kamis, 25 - 28 Oktober 2021



Guru            : Fara Dibah, S.Pd

Mapel          : Matematika

Kelas           : IX E, F, G

 

Kode KD     :

3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat serta cara penyelesaiannya.

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.

Materi          : Fungsi Kuadrat

Tujuan          : 

1. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi kuadrat dan karakteristiknya serta cara penyelesaiannya.

2. Peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.

Assalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..
Selamat pagi Semua !
Bagaimana Kabar Soleh/Soleha hari ini ?…
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ..

Soleh/soleha apakah tadi subuh kalian sudah melaksanakan solat subuh tepat waktu ? untuk yang laki-laki solat subuh nya di masjid atau di musholla ya nak, agar kita mendapat keberkahan dari Allah SWT ..
Dan untuk yang perempuan silahkan solat subuh nya secara munfarid dirumah masing-masing..

Dan jangan lupa sebelum memulai pelajaran di pagi hari, usahakan kalian solat dhuha dan murojaah terlebih dahulu, agar ilmu yang diberikan oleh guru dapat kalian terima dengan baik..


Baiklah soleh/soleha, hari ini kita memasuki materi selanjutnya yaitu Fungsi Kuadrat..
Untuk lebih jelasnya silahkan kalian pahami materi berikut ini ..

Fungsi Kuadrat

Fungsi kuadrat adalah suatu persamaan dari variabel yang mempunyai pangkat tertinggi dua. Fungsi ini berkaitan dengan persamaan kuadrat. Bentuk umum persamaan kuadrat adalah:

ax^2 + bx + c = 0

Fungsi kuadrat f(x) dapat juga ditulis dalam bentuk y atau:

y = ax^2 + bx + c

Dengan x adalah variable bebas dan y adalah variable terikat. Sehingga nilai y tergantung pada nilai x, dan nilai-nilai x tergantung pada area yang ditetapkan. Nilai y diperoleh dengan memasukan nilai-nilai x kedalam fungsi.

Grafik Fungsi Kuadrat

Fungsi kuadrat y = ax^2 + bx + c dapat digambarkan ke dalam koordinat kartesius sehingga diperoleh suatu grafik fungsi kuadrat. Sumbu x adalah domain dan sumbu y adalah kodomain. Grafik dari fungsi kuadrat berbentuk seperti parabola sehingga sering disebut grafik parabola.

Grafik dapat dibuat dengan memasukan nilai x pada interval tertentu sehingga didapat nilai y. Kemudian pasangan nilai (x, y) tersebut menjadi koordinat dari yang dilewati suatu grafik. Sebagai contoh, grafik dari fungsi: f(x) = x^2 - 2x - 3 adalah:

koordinat kartesius

grafik fungsi kuadrat

Jenis grafik fungsi kuadrat lain

1. Grafik fungsi y = ax^2

Jika pada fungsi y = ax^2 + bx + c memiliki nilai b dan c sama dengan nol, maka fungsi kuadratnya:

y = ax^2

Pada grafik fungsi ini akan selalu memiliki garis simetris pada x = 0 dan titik puncak y = 0. Sebagai contoh f(x) = 2x^2, maka grafiknya adalah:

gambar grafik f(x) = 2x^2

2. Grafik fungsi y = ax^2 + c

Jika pada fungsi y = ax^2 + bx + c memiliki nilai b = 0, maka fungsi kuadratnya sama dengan:

y = ax^2 + c

Pada fungsi ini grafik akan memiliki kesamaan dengan grafik fungsi kuadrat y = ax^2 yaitu selalu memiliki garis simetris pada x = 0. Namun, titik puncaknya sama dengan nilai c atau y_{puncak} = c. Sebagai contoh  =  2x^2 + 2, maka grafiknya adalah:

sumbu simetris dan titik puncak

3. Grafik fungsi y = a(x-h)^2 + k

Grafik ini merupakan hasil perubahan bentuk dari  y = ax^2 + bx + c. Pada fungsi kuadrat ini grafik akan memiliki titik puncak (x, y) sama dengan (h, k). Hubungan antara a, b, dan c dengan h, k sebagai berikut:

(h, k) = [- \frac{b}{2a}, - (\frac{b^2 - 4ac}{2a})]

Sifat-sifat Grafik Fungsi Kuadrat

a. Grafik terbuka

Grafik y = ax^2 + bx +c dapat terbuka ke atas atau ke bawah. Sifat ini ditentukan oleh nilai a. Jika a> 0 maka grafik terbuka ke atas, jika a < maka grafik terbuka kebawah.

sifat grafik fungsi kuadrat kurva terbuka

b. Titik Puncak

Grafik kuadrat mempunyai titik puncak atau titik balik. Jika grafik  terbuka kebawah, maka titik puncak adalah titik maksimum. Jika grafik terbuka keatas maka, titik puncak adalah titik minimum.

c. Sumbu Simetri

Sumbu simetri membagi grafik kuadrat menjadi 2 bagian sehingga tepat berada di titik puncak. Karena itu, letaknya pada grafik ax^2 + bx + c berada pada:

x =-\frac{b}{2a}

d. Titik potong sumbu y

Grafik y = ax^2 + bx + c memotong sumbu y di x = 0. Jika nilai x = 0 disubstitusikan ke dalam fungsi, diperoleh y = c. Maka titik potong berada di (0, c).

titik potong sumbu y

e. Titik potong sumbu x

Grafik kuadrat akan memotong sumbu x di y = 0, sehingga membentuk persamaan:

ax^2 + bx + c

Akar-akar dari persamaan tersebut adalah absis dari titik potong. Oleh karena itu, nilai diskriminan (D) berpengaruh pada keberadaan titik potong sumbu x sebagai berikut:

  • Jika D>0, grafik memotong sumbu x di dua titik
  • Jika D=0, grafik menyinggung sumbu x
  • Jika D<0, grafik tidak memotong sumbu x

Jika digambarkan, sebagai berikut:

titik potong sumbu x berdasarkan diskriminan

Menyusun Persamaan Grafik Fungsi Kuadrat

Persamaan grafik fungsi kuadrat dapat dibentuk dengan syarat:

  1. Diketahui tiga titik koordinat (x, y) yang dilalui oleh grafik

Ketiga koordinat tersebut, masing-masing disubstitusikan kedalam persamaan grafik:

y = ax^2 + bx + c

Sehingga didapat tiga persamaan berbeda yang saling memiliki variabel a, b dan c. Selanjutnya dilakukan teknik eliminasi aljabar untuk memperoleh nilai dari a, b dan c. Setelah diperoleh  nilai-nilai itu, kemudian masing-masing disubstitusikan ke dalam persamaan y = ax^2 + bx + c sebagai koefisien.

  1. Diketahui titik potong dengan sumbu x dan satu titik yang dilalui

Jika titik potong sumbu x adalah (x_1,0) dan x_2,0, maka rumus fungsi kuadrat nya adalah:

y = a(x - x_1)(x - x_2)

Dengan nilai a didapat dari mensubstitusikan titik (x, y) yang dilalui.

  1. Diketahui titik puncaknya dan satu titik yang dilalui

Jika titik puncaknya adalah (x_p,y_p), maka rumus fungsi kuadrat nya adalah:

y = a(x - x_p)^2 + y_p

Dengan nilai a didapat dari mensubstitusikan titik (x, y) yang dilalui.

Contoh Soal Fungsi Kuadrat dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Jika grafik y = x^2 + ax + b mempunyai titik puncak (1, 2), tentukan nilai a dan b. (UMPTN ’92)

Pembahasan 1:

Gunakan rumus (-\frac{b}{2a}) sebagai nilai x titik puncak, sehingga:

-\frac{a}{2(1)} = 1

a = -2

Substitusi titik puncak (1, 2) ke dalam persamaan y = x^2 + ax + b diperoleh:

2 = (1)^2 + a(1) + b

1 = a+ b

Dari persamaan baru, substitusikan nilai a = -2,maka:

1 = a + b = -2 + b

b =3



setelah kalian menyimak materi di atas, silahkan kalian buka buku cetak HIJAU halaman 74-75 ada TUGAS RUMAH. Kerjakan dibuku latihan dan kirim melalui email ibu dibafara0220@gmail.com paling lambat Jumat 29 Oktober 2021.
Tetap Semangat..


Wassalamualaikum Warromatullahi Wabarrohkatuh..


46 komentar:

  1. Assalamualaikum, terimakasih Bu materinya
    Raihan Anandra 9F

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu,terimakasih
    Marshanda zafira 9f

    BalasHapus
  3. assalamualaikum bu, terimakasih
    bintang mutiara 9f

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum terimakasih mam
    Alfi 9E

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum mem .
    Arin Arifah 9E

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum bu terimakasih
    Reyfan deni irawan
    9e

    BalasHapus
  7. assalamualaikum bu terimaksih
    dera 9f

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu terimakasih
    Abizar yusuf a 9f

    BalasHapus
  9. assalamualaikum mam, terimakasih atas materinya
    nabila ajeng azzahra 9F

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum mam trimakasih
    Natasya 9E

    BalasHapus
  11. assalamualaikum bu, terimakasih materinya
    arinda siska aulia 9g

    BalasHapus
  12. assalamualaikum bu, terimakasih materinya
    dera 9f

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu terima kasih
    -Asyifa Marsha Adelia 9f

    BalasHapus
  14. assalamualaikum mam terimakasi materinya
    bintang mutiara 9f

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Bu terima kasih
    -ramadhoni9f

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum, terimakasih Bu materinya
    Abizar yusuf a 9f

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum terimakasih bu
    Ferlina 9F

    BalasHapus
  18. Assalammualaikum bu, terimakasih

    Cahaya Ibramsyah 9G

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum, terimakasih Bu materinya
    Avicena Putra 9F

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum miss .
    Arin Arifah 9E

    BalasHapus
  21. assalamualaikum bu, terimakasih atas materiinya
    Amanda Wahyuni 9G

    BalasHapus
  22. Assalammualaikum bu, terimakasih
    Rafly fadhillah 9G

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum Bu, terimakasih atas materinya..
    -windalistiani 9G

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum bu terimakasih atas materinya
    -atika ghaisani 9G

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum bu terimakasih
    Heri Afriansyah 9G

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Bu terimaksih atas materinya
    M dirly afrijal 9G

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum bu terimakasih atas materi ny
    -natahsya mrtdh 9G

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Bu, terima kasih materinya
    — Maura Lodya Amela 9G

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum bu, terimakasih atas materinya
    Sultan Zacky A.H 9G

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum terimakasih atas tugasnya raffy dwi rahman kls 9g

    BalasHapus
  31. assalamualaikum terimakasih bu
    firyal 9G

    BalasHapus
  32. assalamualaikum, terimakasih mam
    Annika 9E

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum terimakasih atas tugasnya bu
    M aksel idris 9G

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum bu, terimakasih atas materinya
    ~M.RAFFI ATHALA AMIN 9G

    BalasHapus
  35. assalamualaikum bu,terimakasih atas materinya
    -alda adellia 9G

    BalasHapus
  36. assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -Desty Auliya Utami 9G

    BalasHapus
  37. assalamualaikum bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -M Davie M 9e

    BalasHapus
  38. assalamualaikum mam terimakasih
    -Fadhila 9E

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum bu terimkasih atas tugasnya
    Azman 9E

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    Alfi 9E

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum trimakasih mam
    Natasya 9E

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum mam terimakasih
    Reyfan deni irawan 9E

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum terimakasih Bu materi dan tugasnya
    -scania 9g

    BalasHapus

PERSAMAAN KUADRAT (CARA MELENGKAPI KUADRAT SEMPURNA)

  IDENTITAS Mata Pelajaran           : Matematika Kelas                           : IX C dan IX D Pertemuan                  : Ke 2 ...