MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX D, E, F
WAKTU PEMBELAJARAN : 16 - 18 JANUARI 2023
KOMPETENSI DASAR :
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mengikuti pembelajaran, Peserta didik diharapkan dapat :
1. Menentukan panjang sisi dan besar sudut yang belum diketahui
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan antar bangun datar
MATERI PEMBELAJARAN :
Syarat Kesebangunan Bangun Datar
Dua bangun datar yang mempunyai bentuk yang sama disebut sebangun. Tidak perlu ukurannya sama, tetapi sisi-sisi yang bersesuaian sebanding (proportional) dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Perubahan bangun satu menjadi bangun lain yang sebangun melibatkan perbesaran atau pengecilan.
Dengan kata lain dua bangun dikatakan sebangun jika memenuhi syarat:
(i) perbandingan panjang sisi yang bersesuaian senilai
(ii) sudut yang bersesuaian besarnya sama
m∠A = m∠E
m∠B = m∠F
m∠C = m∠G
m∠D = m∠H
Jika bangun ABCD dan EFGH memenuhi kedua syarat tersebut, maka bangun ABCD dan EFGH sebangun, dinotasikan dengan ABCD ∼ EFGH.
Jika bangun ABCD dan EFGH tidak memenuhi kedua syarat tersebut maka bangun ABCD dan EFGH tidak sebangun, dinotasikan dengan ABCD ≁ EFGH.
Contoh Soal
Perhatikan gambar di bawah ini.
Bangun ABCD dan EFGH
Bangun ABCD dan EFGH sebangun.
Tentukan nilai x, y dan z!
Alternatif Penyelesaian:
Bangun ABCD dan EFGH sebangun berarti sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian senilai, yaitu:
m∠E = m∠A, m∠F = m∠B, m∠G = m∠C, m∠H = m∠D,
Perbandingan sisi bangun datar
Bangun ABCD dan EFGH sebangun dengan sudut-sudut yang bersesuaian m∠E = m∠A, m∠F = m∠B, m∠G = m∠C, dan m∠H = m∠D,
Sehingga,
m∠G = m∠C ⇔ xo = 22,6o
m∠D = 180o – m∠C ⇔ yo = 180o – xo = 180o – 22,6o = 157,4o (Mengapa?)
m∠H = m∠D ⇔ zo = yo = 157,4o
Jadi, nilai adalah xo = 22,6o , yo = 157,4o , dan zo = 157,4o
Penugasan materi :
Latihan Soal 4.3 hal 108 no. 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar